Mau Belajar Cara Yang Benar Untuk BENAR-BENAR Menghasilkan Uang Lewat Internet??

Klub Bisnis Internet Berorientasi Action

Ingin Men-Share artikel ini?

Bila Anda merasa artikel ini bermanfaat, anda boleh sharing artikel ini ke teman, kerabat atau saudara anda lewat facebook. Caranya mudah. Tinggal meng-klik gambar "Share on Facebook" yang ada di bagian akhir tiap artikel. Semoga bermanfaat :)

Rabu, 19 Agustus 2009

Outcome Frame...Melangkah Pasti Menuju Tujuan

Pembaca sekalian. Di artikel yang lalu kita telah membahas tentang pentingnya memiliki tujuan. Hidup tanpa tujuan bagaikan kapal yang berlayar tanpa peta. Dan pada artikel yang lalu, saya berjanji akan menuliskan tips untuk merumuskan tujuan dengan jelas agar perjalanan kita menuju imp[ian pun biosa lebih efektif. Berikut tipsnya :)


Dalam ilmu NLP ada istilah outcome frame. Outcome adalah hasil yang ingin dicapai, Frame adalah bingkai atau kerangka. Jadi outcome frame adalah kerangka berpikir yang berorientasi pada hasil/tujuan yang ingin dicapai. Dengan merumuskan outcome frame, kita bisa bertindak lebih efektif dan memaksimalkan kemungkinan untuk mencapai hasil yang kita inginkan tersebut. Outcome Frame dapat dirumuskan lewat serangkaian pertanyaan berikut ini.

1. Apa Yang Saya Inginkan?
Lebih tepatnya, apa sih persisnya yang saya inginkan?
Misal: saya ingin menghasilkan 22 juta rupiah.


2. Kapan Saya Menginginkan Hal Ini?
Tuliskan kapan persisnya kita menginginkan hal tersebut.
Misal: saya ingin sudah menghasilkan 22 juta rupiah pada 29 September 2009


3. Bagaimana Saya Tahu Saya Telah Mendapatkan Keinginan Tersebut?

Seringkali kita tidak sadar bahwa sebenarnya kita sudah mendapatkan hal yang kita inginkan
tersebut. Coba tulis secara detail apa tandanya kita sudah mendapatkan hal tersebut.
Misal: Ketika di rekening saya telah ada tambahan uang 22 juta rupiah


4. Ketika saya mendapatkan keinginan saya tersebut, apa lagi aspek hidup saya yang lain yang ikut berkembang?

Ketika kita telah mendapatkannya, adakah aspek hidup kita yang lain yang ikut berkembang?
Misal: Saya akan lebih percaya diri untuk menghasilkan uang yang lebih banyak lagi, saya akan bisa menginvestasikan uang tersebut untuk menghasilkan lebih banyak uang, Keluarga saya akan lebih bahagia


5. Sumber Daya Apa yang Saya Miliki Untuk Membantu Saya Mencapai Tujuan Tersebut?

Sumber daya apa saja yang telah kita miliki sekarang?
Misal: Kreativitas, uang tabungan 1 juta rupiah, teman yang lebih ahli dari kita


6. Bagaimana Caranya Saya Mengoptimalkan Sumberdaya Yang Saya Miliki?
Bagaimana kita menggunakan sumberdaya itu secara maksimal
Misal: Saya akan memanfaatkan kreativitas saya untuk menciptakan berbagai ide pemasaran yang baru, Saya akan menghemat uang 1 juta tersebut untuk memasang iklan hanya di situs iklan baris yang benar-benar efektif, saya akan banyak bertanya dan berkonsultasi pada teman saya yang lebih ahli


7. Apa Sekarang Harus Saya Lakukan Untuk Mencapai Hasil Yang Saya Inginkan Itu?
Saatnya menentukan Action/tindakan yang akan diambil
Misal: Saya akan melakukan promosi secara besar-besaran sejak sekarang



Ambil selembar kertas dan rumuskanlah pertanyaan-pertanyaan di atas.





Demikianlah tehnik outcome frame yang membantu kita untuk merumuskan tujuan kita dengan jelas sehingga action yang diambil pun bisa lebih terarah dan memaksimalkan keberhasilan kita. Silahkan dipraktekkan. Semoga bermanfaat dan semoga tujuan yang anda inginkan dapat segera tercapai :)


Salam Sukses




P.S: artikel ini ditulis dengan referensi buku "Understanding NLP" karangan R.H Wiwoho(perintis NLP di Indonesia)

26 komentar:

  1. xixixixi kayak yang aq pelajari dari mana yak??? lupa aq, dan sejujurnya yg ditulis diatas sudah aq terapkan ;;)

    semangat!!! Mari raih tujuan dg senyum cemerlang :D (kayak iklan pastagigi ajah) hohohoho

    BalasHapus
  2. @ vie_three :

    mungkin dari buku yang aku baca itu :D
    hehe..

    Semangat!! :D

    BTW, thanks udah mampir balik..

    BalasHapus
  3. analisa yang menarik mas wellsen, memang hidup harus mempunyai tujuan yang pasti, dan tinggal diri kita sendiri mau diarahkan kemana tujuan yang telah kita tetapkan.
    salam sukses

    BalasHapus
  4. wah jadi termotivasi nih Tia, salam sukses juga yah kak :)

    BalasHapus
  5. rumusan dari masalah diatas sepertinya KERJA KERAS dan PANTANG MENYERAH....
    kalau angot-angotan ndak bakal terealisasi semua tuh rencana kita. buyar deh.....

    BalasHapus
  6. menurutku pola pikir juga harus ditata rapi dan terapkan kedisplinan, agar ke 7 hal di atas dapat berjalan dengan baik

    BalasHapus
  7. sip mas wellsen...
    langsung praktek...
    trims

    BalasHapus
  8. @ heru:

    betul, mas :)
    dengan memiliki tujuan yang pasti, kita jadi tau action apa yang perlu kita ambil..

    BalasHapus
  9. @ Rudy Azhar:

    betul, mas :)
    butuh konsistensi dan totalitas..
    Sukses, mas..

    BalasHapus
  10. @ candradot.com:

    betul, mas..
    Semua dimulai dari pikiran kita..
    Thought become thing :D

    BalasHapus
  11. @ Iwankus:

    sama2 mas Iwan :)
    semoga bermanfaat..

    BalasHapus
  12. duit di internet bikin bangga sob
    hehehehe
    mari kita raih sebanyak-banyaknya
    ahahahahahahah

    BalasHapus
  13. @ yanuar catur rastafara:

    Setuju, bro..
    mari berburu duit..
    hahahaha :))

    BalasHapus
  14. Panduannya sangat lengkap dan bagus mas Wellsen. Memang kalau bisa tujuan diperjelas sejelas-jelasnya agar otak bawah sadar bisa bekerja lebih maksimal untuk menggerakkan seluruh potensi yang kita miliki.
    Semakin jelas apa yang kita tuju, semakin baik dan semakin mudah bagi kita untuk terangsang memperjuangkannya.

    Salam Istimewa!

    BalasHapus
  15. bagus teknik2nya... tapi gw tipe org yg tidak suka keteraturan :P

    BalasHapus
  16. Bagus banget niy psotingannnya.. ! Salut !! :)

    BalasHapus
  17. Sepakat mas wellse, hidup tanpa tujuan layaknya kapal berlayar tanpa peta. semua memang perlu tujuan dan dilakukan sesuai tahapan.

    salam,

    BalasHapus
  18. @ Umar Puja Kesuma:

    betul, mas..
    bila kita saja tidak jelas tujuannya apa, apalagi pikiran bawah sadar kita.. Tentu tidak bisa membantu dengan maksimal..

    BalasHapus
  19. @ fandhie:

    ga mslah, bro :)
    just do it by your style.. yg penting happy :D
    hahaha

    BalasHapus
  20. @ Ricky :

    betul, mas..
    dengan adanya tujuan, kita jadi tau mau ngapain :)

    sukses..

    BalasHapus
  21. postnya mantap, sayangnya blognya banyak malaciuosnya mas.
    Salam kenal,
    sigit blaster

    BalasHapus
  22. @ siayat:

    makasih, mas..
    salam kenal juga :)

    BalasHapus
  23. @ Khery Sudeska:

    thanks :)

    BalasHapus

Saya mengharapkan partisipasi anda dalam blog ini. Jadi jangan sungkan untuk ikut menuliskan komentar anda pada kotak komentar yang telah tersedia di bawah ini :)